MOTOGP MotoGP is the pinnacle of motorcycle racing, where the top riders in the world go head-to-head on the ultimate in two-wheeled racing machinery. Castrol is pushed to the limit in its work with the San Carlo Gresini Honda outfit, with riders Shinya Nakano and Alex De Angelis racing the new Honda RC212V at 18 differnet venues around the globe. Find out more about the world of MotoGP in the features below. MOTOGP

Recent Posts

GP Malaysia - Hamilton Puas Pimpin Klasemen

Monday, March 24, 2008 · 0 comments

MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)


Pentas GP Malaysia akhir pekan kemarin tampaknya tidak berpihak pada Hamilton. Pembalap asal Inggris tersebut terkena penalti sehingga harus mundur lima grid saat start, walaupun dia akhirnya masih dapat finis di posisi kelima.

Gagal naik podium di GP Malaysia tidak membuat Lewis Hamilton kecewa. Pembalap tim McLaren itu tetap merasa puas karena masih memimpin klasemen pembalap.

Meski demikian hasil tersebut masih membuat Hamilton memimpin klasemen dengan unggul tiga poin dari juara Kimi Raikkonen dan Nick Heidfeld. Pembalap berusia 23 tahun ini pun merasa puas dengan hasil yang diraihnya di Sepang.

"Saya ingin melakukannya dengan baik namun saya masih memimpin kejuaraan setelah dua seri di musim ini. Tanpa penalti, saya yakin bisa finis di posisi kedua namun ini menjadi lebih buruk," aku Hamilton seperti dilansir BBC.


"Kami berada di posisi bagus untuk mengincar posisi ketiga hingga pit stop yang buruk. Saya menempal sangat, sangat ketat untuk posisi keempat. Saya menginginkan poin namun tak bisa. Jarno melakukan tugasnya dengan baik," ujarnya.

Pembalap McLaren bukan hanya terhadang karena penalti. Ia pun mengalami kendala karena insiden pit-stop. Namun Hamilton mengungkapkan bahwa dia kesulitan untuk melewati pembalap Toyota Jarno Trulli.

Jelang MotoGP Jerez - Kenangan Manis Honda Repsol

· 0 comments


MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)
Jelang MotoGP Jerez - Kenangan Manis Honda Repsol
Seri kedua MotoGP akhir pekan ini, akan digulirkan di Jerez, Spanyol. Tim Honda Repsol yang punya catatan positif di sana pun menatap balapan nanti dengan cukup optimistis berbekal kenangan manis.

Di Jerez, Honda Repsol pernah mengukir sederet kenangan manis. Ada enam kemenangan dicatatkan di sana, yakni lewat Mick Doohan (1996), Alex Criville (1997, 1998 dan 1999) dan Valentino Rossi (2002 dan 2003).

Dua pembalap Honda Repsol masa kini, Dani Pedrosa dan Nicky Hayden, juga memiliki catatan positifnya masing-masing. Tahun lalu Pedrosa mencatatkan pole position dan finis di urutan kedua. Sementara Hayden membuka musim 2006 --musim ketika dia jadi juara dunia-- dengan naik podium ketiga di Jerez.

Buat Pedrosa, fakta bahwa Jerez akan jadi tempat pertama dari tiga GP yang dilangsungkan di Spanyol --tanah kelahirannya-- akan memberikannya motivasi tambahan. Apalagi dia juga mengaku menyukai lintasan itu karena riuh rendah dukungan penonton, khususnya di tikungan Nieto dan Peluqui, yang mana membuat pembalap dan fans jadi begitu dekat. Meski begitu, juga ada kekurangan yang diakibatkan ramainya penonton.

Sama seperti Pedrosa, Hayden yang nanti akan mengendarai RC212Vs dengan sasis yang sudah direvisi juga mengaku menyukai atmosfer yang dihadirkan Jerez. Dengan tambahan dukungan ban Michelin yang disebutnya selalu bekerja dengan baik di Jerez, dia pun siap menghapus hasil kurang memuaskan di GP Qatar, di mana dia hanya bisa finis di posisi sepuluh.

"Tapi banyaknya penonton juga punya sisi negatif, saya tak bisa ke paddock dengan mudah, sesuatu yang bisa bikin saya kesulitan dalam melakukan pekerjaan ini," jelas Pedrosa yang juga masih sedang memulihkan tangannya pasca kecelakaan, seperti dikutip dari Motolive, Selasa (25/3/2008).



"Saya pikir itu adalah lintasan yang keren dan bukan trek yang butuh top-speed. Saya suka lintasan yang mengharuskan Anda berkesinambungan di tiap-tiap bagiannya, dan Jerez mengalir dengan cukup bagus," jelas pembalap asal Amerika Serikat itu.

"Tapi adalah suasanya yang benar-benar mengesankan, kalau Anda belum pernah ke sana, maka Anda perlu menyambanginya," tandas Hayden setengah berpromosi.
sumber : detik.com

MotoGP

· 0 comments

MOTOGP INFO & MOTOGP MANIA
http://motogp-fans-club.blogspot.com/

Mengaku sebagai mania MOTOGP???
Taukah anda tentang motoGP, nah di blog ini dibahas mengenai motoGP, mulai dari sejarah motoGP,organisasi motoGP,karir pembalap motoGP,dan semua hal yangterkait didalamnya (sumber wikepedia)

Sejarah MotoGP

Kejuaraan dunia untuk balap motor pertama kali di selenggarakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), pada tahun 1949. Pada saat itu secara tradisional telah di selenggarakan beberapa balapan di tiap even untuk berbagai kelas motor, berdasarkan kapasitas mesin, dan kelas untuk sidecars (motor bersespan). Kelas-kelas yang ada saat itu adalah 50cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc untuk motor single seater, serta 350cc dan 500cc untuk motor sidecars. Memasuki tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an, motor bermesin 4 tak mendominasi seluruh kelas. Pada akhir 1960-an, motor bermesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas kecil. Di tahun 1970-an motor bermesin 2 tak benar-benar menyingkirkan mesin-mesin 4 tak. Pada tahun 1979, Honda berusaha mengembalikan mesin 4 tak di kelas puncak dengan menurunkan motor NR500, namun proyek ini gagal, dan di tahun 1983 Honda bahkan meraih kemenangan dengan motor 500cc 2 tak miliknya. Pada tahun 1983, kelas 350cc akhirnya dihapuskan. Kelas 50cc kemudian digantikan oleh kelas 80cc di tahun 1984, tetapi kelas yang sering di dominasi oleh pembalap dari Spanyol dan Italia ini akhirnya ditiadakan pada tahun 1990. Kelas sidecars juga ditiadakan dari kejuaraan dunia di tahun 1990-an, menyisakan kelas 125cc, 250cc, dan kelas 500cc.

GP 500, kelas yang menjadi puncak balap motor Grand Prix, telah berubah secara dramatis pada tahun 2002. Dari pertengahan tahun 1970-an sampai 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 4 silinder dan kapasitas mesin 500cc, baik jenis mesin 4 tak ataupun 2 tak. Akibatnya, yang mampu bertahan adalah mesin 2 tak, yang notabene menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih besar. Pada tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan di ijinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990cc,dan berubah menjadi 800cc di musim 2007.pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas berat tertentu. Dengan di bolehkannya motor 4 tak ber-cc besar tersebut, kelas GP 500 diubah namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada lagi mesin 2 tak yang turun di kelas MotoGP. Untuk kelas 125cc dan 250cc secara khusus masih menggunakan mesin 2 tak.

Balap untuk kelas MotoGP saat ini diselenggarakan sebanyak 17 seri di 15 negara yang berbeda (Spanyol menggelar 3 seri balapan). Balapan biasa di gelar setiap akhir pekan dengan beberapa tahap. Hari Jum’at di gelar latihan bebas dan latihan resmi pertama, kemudian hari Sabtu dilaksanakan latihan resmi kedua dan QTT, dimana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi start mereka. Balapan sendiri digelar pada hari Minggu, meskipun ada seri yang digelar hari Sabtu yaitu di Belanda dan Qatar. Grid (baris posisi start) terdiri dari 3 pembalap perbaris dan biasanya setiap seri balap diikuti oleh sekitar 20 pembalap. Balapan dilaksanakan selama sekitar 45 menit dan pembalap berlomba sepanjang jumlah putaran yang ditentukan, tanpa masuk pit untuk mengganti ban atau mengisi bahan bakar. Balapan akan diulang jika terjadi kecelakaan fatal di awal balapan. Susunan grid tidak berubah sesuai hasil kualifikasi. Pembalap boleh masuk pit jika hanya untuk mengganti motor karena hujan saat balapan.

Organisasi dalam MotoGP

Kesuksesan Balap MotoGP tidak terlepas dari organisasi-organisasi yang terlibat didalamnya Beberapa organisasi yang tergabung dalam komisi Grand Prix antara lain FIM, Dorna, IRTA, dan MSMA.

orna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP, atau dengan kata lain Dorna adalah promotor kejuaraan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event.

IRTA (International Road racing Team Association), anggota organisasi ini terdiri dari tim-tim yang mengikuti balapan MotoGP. Organisasi ini berfungsi untuk menyalurkan aspirasi tim dan para pembalap yang tergabung didalamnya. Dengan organisasi inilah pembalap dapat memberikan masukan dan menentukan hak-hak dan kepentingannya, antara lain nilai kontrak, keamanan dan kelayakan sirkuit.

MSMA (Motor Sport Manufacturer Association), merupakan organisasi dalam MotoGP yang terdiri dari pabrikan-pabrikan motor yang mengikuti kejuaraan MotoGP, seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki, dan pabrikan lainnya. Fungsi dari organisasi ini antara lain memutuskan peraturan teknis mengenai regulasi motor bersama dengan organisasi lain yang tergabung di komisi Grand Prix.
FIM (Federation Internationale de Motocyclisme), merupakan badan tertinggi di dunia yang mengurusi seputar sepeda motor. FIM yang berdiri pada tahun 1904 ini tidak hanya mengurusi balap motor, tetapi juga menjadi pengawas motor-motor produksi yang dijual masal, terutama soal keamanan dan kelayakan. Dalam kegiatan balap motor, FIM adalah badan yang mengurusi dan bertanggung jawab mengenai regulasi dan teknis pelaksanaan balapan, juga mengenai status, taraf, dan kriteria dari sebuah kejuaraan balap motor.

Spesifikasi MotoGP
Setiap peraturan mengenai tiap-tiap kelas balapan dibentuk oleh FIM sebagai organisasi yang berwenang melakukanya. FIM membentuk dan mengeluarkan peraturan-peraturan baru yang dipandang sesuai dengan perkembangan balapan. Pada permulaan era baru MotoGP di tahun 2002, motor bermesin 2 tak 500cc dan 4 tak 990cc dibolehkan untuk digunakan dalam balapan. Kedahsyatan tenaga dari motor bermesin 4 tak yang mengungguli motor bermesin 2 tak menyingkirkan seluruh mesin 2 tak dari persaingan, dan musim-musim balap selanjutnya tidak ada lagi motor 2 tak yang digunakan.

Pada tahun 2007, FIM akan memberlakukan peraturan baru bahwa motor-motor MotoGP akan dibatasi menjadi 4 tak 800cc. Alasan yang dikemukakan dari pengurangan kapasitas silinder mesin ini adalah untuk meningkatkan keamanan pembalap, mengingat tenaga dan kecepatan puncak yang dihasilkan mesin-mesin MotoGP telah meningkat secara drastis sejak 2002. Rekor kecepatan MotoGP saat ini adalah 347.4 km/jam yang dicetak oleh Loris Capirossi dengan motor Ducati di sirkuit Catalunya, Barcelona pada tahun 2004. Sebagai perbandingan rekor kecepatan F1 saat ini adalah 369.9 km/jam yang dicetak oleh Antonio Pizonia dengan mobil BMW, di sirkuit Monza ditahun 2004.

Keputusan pilihan untuk membatasi kapasitas mesin menjadi 800cc (daripada dengan metode pembatasan tenaga lain, seperti pengurangan jumlah gir transmisi yang diijinkan) menurut para pengamat MotoGP sangat menguntungkan Honda. Honda menggunakan mesin lima silinder, dan hanya perlu mengurangi satu silinder untuk membenahi mesin mereka agar sesuai regulasi yang baru, sementara pabrikan lainnya harus mendesain ulang seluruh mesin mereka. Pembatasan menjadi 800cc juga menimbulkan kontroversi bahwa sepertinya saat ini motor yang digunakan dalam kejuaraan Superbike 1000cc menjadi yang tercepat dalam balapan motor sirkuit di seluruh dunia.

Mesin yang digunakan dalam kelas 125cc dibatasi sebanyak satu silinder dan dengan berat minimal 80 kilogram, sementara untuk kelas 250cc dibatasi sebanyak dua silnder dengan berat minimal 100 kilogram.

Motor-motor untuk kelas MotoGP dibolehkan menggunakan mesin dengan jumlah silinder antara tiga sampai enam silinder, dan terdapat variasi dalam pembatasan berat tergantung jumlah silinder yang digunakan. Ini disebabkan sebuah mesin dengan silinder yang lebih banyak, tenaga yang dihasilkan juga lebih besar, dan batasan berat meningkat. Pada tahun 2006 mesin-mesin yang digunakan di MotoGP adalah mesin empat dan lima silinder. Honda menggunakan lima silinder, sementara Yamaha, Ducati, Kawasaki, dan Suzuki menggunakan empat silinder.

Motor-motor yang digunakan dalam Grandprix motor dibuat tidak hanya untuk balapan saja, tetapi juga sebagai ajang unjuk kekuatan dan kemajuan teknologi antar pabrikan. Sebagai hasilnya seluruh mesin-mesin MotoGP dibuat dengan menggunakan material yang sangat mahal dan ringan seperti titanium, dan carbon-fiber-reinforced plastic. Motor-motor tersebut juga menggunakan teknologi yang tidak tersedia untuk konsumsi umum, misalnya adalah perangkat elektronik yang canggih termasuk telemetri, engine management systems, kontrol traksi, rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin mobil F1.

Jika motor-motor yang dipakai di kelas MotoGP hanya dilombakan di tingkat kejuaraan dunia, motor-motor yang digunakan di kelas 125cc dan 250cc relatif lebih terjangkau. Harga sebuah motor 125cc kurang lebih sama dengan sebuah mobil. Motor-motor ini sering digunakan dalam kejuaraan balap motor nasional diseluruh dunia.

Satu dari beberapa tantangan utama yang dihadapi para pembalap MotoGP dan Insinyur motor MotoGP adalah bagaimana untuk menyalurkan tenaga mesin yang luar biasa – lebih dari 240 dk (179 kW), melalui titik kontak dua buah ban dan permukaan aspal sirkuit dengan lebar hanya sekitar lengan manusia. Sebagai perbandingan mobil F1 menghasilkan lebih dari 950 dk (700 kW) tetapi dengan empat buah ban, sehingga memiliki titik kontak permukaan dengan aspal sepuluh kali lebih lebar dari motor MotoGP.

regulasi terbaru MotoGP
ada tahun 2005, sebuah peraturan baru untuk MotoGP telah diberlakukan yaitu flag-to-flag. Sebelumnya, jika sebuah balapan dimulai dengan start dalam kondisi sirkuit kering dan hujan turun, pembalap terdepan dapat mengangkat tangan untuk menghentikan lomba, demikian juga dengan para offisial mengibarkan bendera merah untuk menghentikan balapan, kemudian balapan di mulai lagi dengan menggunakan ban basah. Sekarang jika hujan turun saat balapan tidak ada lagi bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.

Pada tahun 2007, kelas MotoGP diturunkan kapasitas mesinnya, menjadi 800cc.dan saat ini masih dilakukan uji coba oleh seluruh tim di MotoGP.

Karir Pembalap MotoGP
Para pembalap yang turun di kelas puncak MotoGp berasal dari beberapa kejuaraan. Selain berasal dari kelas 250cc seperti Valentino Rossi, Max Biaggi, Marco Melandri, Daniel Pedrosa, ada pula pembalap yang berasal dari AMA Superbike seperti Nicky Hayden, dari British Superbike seperti Shane Byrne, juga dari World Superbike seperti Noriyuki Haga, Colin Edwards, Troy Bayliss, Neil Hodgson, Ruben Xaus dan Chris Vermeulen. Banyaknya para pembalap yang berasal dari superbike ini tidak terlepas dari berubahnya kelas puncak GP motor yang membolehkan penggunaan motor bermesin 4 tak 990cc pada tahun 2002, setelah sebelumnya hanya mesin 2 tak 500cc yang boleh digunakan.
Terdapat penjenjangan karir bagi para pembalap yang turun di balap motor dunia, apabila seorang pembalap cukup berprestasi ia akan direkrut oleh tim yang ada dikelas berikutnya dari kelas 125cc, kelas 250cc, kemudian kelas puncak MotoGP. Pembalap yang turun di kelas 125cc sendiri berasal dari pembalap yang berprestasi di kejuaraan regional atau nasional di negaranya masing-masing, seperti All Japan road racing di Jepang, ataupun kejuaraan Eropa.

[MOTOGP] - MotoGP Qatar - Kebutkebutan di mulai

· 0 comments

MotoGP Qatar
Start Sempurna Stoner
MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)
Kurang lebih 10 jam ke depan, jutaan pasang mata bahkan lebih akan menyaksikan sebuah atraksi terbaru dari dunia balap motor. Dengan sorotan sekitar 3.600 lampu berkekuatan 5,4 juta watt, kompetisi MotoGP rasa baru dimulai di sirkuit yang di siang hari panas minta ampun, Losail, Qatar.

Jet-jet darat roda dua itu keluar kandang lagi. Kali ini kebut-kebutan MotoGP akan dibuka di malam hari. Banyak yang menilai persaingan musim ini akan berlangsung lebih ketat.

Akan tetapi menurunkan sedikit suhu sirkuit saat balapan bukanlah kesadaran utama para penggagas kompetisi ini. Amat kental unsur duit karena menggelar balapan di Asia pada malam hari berarti fans di belahan Eropa masih rela menungguinya di depan pesawat televisi lantaran masih masuk prime time.

"Sialnya", buat fans Asia hal itu malah kebalikan. Untuk tidak melewatkan seri pembuka nan spesial itu orang Indonesia, misalnya, sudah seperti akan menonton pertandingan sepakbola Liga Champions. Jika balapan dimulai jam 23.00 waktu setempat, berarti siaran langsung di Trans7 baru bisa dpelototi jam 3 subuh WIB.

Namun, tontotan ini akan terlalu sayang untuk dilewatkan. Selain karena membayangkannya saja tidaklah cukup, tentang cerita apa saja yang bisa tercipta dalam sebuah balapan malam, MotoGP Qatar juga sebuah pengibaran bendera hijau dari pertarungan yang lebih kompetitif.

Herve Poncharal, bos tim Yamaha Tech 3, misalnya, meramalkan akan ada lebih banyak pembalap yang bergantian naik podium teratas, dibandingkan tahun lalu yang hanya menghadirkan lima orang, yakni Casey Stoner, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Loris Capirossi, dan Chris Vermeulen.

Hal tersebut dikarenakan tingkat persaingan antarpabrikan dalam membesut motor-motornya, rivalitas ban Michelin-Bridgestone, serta komposisi pembalap kali ini dinilai lebih ketat.

Ducati dengan Desmosedici GP7-nya tahun lalu begitu kencang sekencang-kencangnya baik ketika menikung apalagi di trek lurus. Sukses mereka dalam mengantarkan Stoner menjadi juara dunia dan tim Italia itu pun meraih titel konstruktor untuk pertama kalinya, telah memicu perombakan general buat tim-tim lain, setelah musim lalu melakukan adaptasi pertama dari perubahan mesin 990cc ke 800cc.

Power pada akhirnya tetap menjadi faktor kunci utama performa motor, setelah sebelumnya banyak tim lebih fokus pada rideability. Dalam bahasa awam, kalah sedikit di tikungan bisa dibayar lebih banyak di trek lurus. Sebaliknya, kalaupun kecepatan di tikungan bisa terjaga tapi kalah kencang di trek lurus, hal tersebut bisa berkurang artinya.

Dari sisi ban, Michelin akan mencoba membalas kekalahan telak mereka dari Bridgestone di musim lalu. Dari sejumlah ujicoba, sejauh ini pertarungan tersebut berpotensi tidak timpang lagi.

Yang paling menarik tentu saja dari aspek pembalap. Dengan kehadiran beberapa rookie serta perpindahan beberapa pembalap, peta persaingan pun menjadi lebih menarik.

Tiga alumnus kelas 250cc naik kelas. Mereka adalah Jorge Lorenzo (Fiat Yamaha), Andrea Dovizioso (JiR Team Scot), dan Alex de Angelis (San Carlo Honda Gresini). Plus jebolan Superbike James Toseland, para rookie ini ternyata langsung menjanjikan penampilan yang oke di musim debutnya.

Dengan karakter motor yang lebih lincah saat melakukan gerakan di tikungan, alumnus 250cc sepertinya tidak terlalu kesulitan beradaptasi dengan kelas barunya itu.

Keempatnya menorehkan hasil impresif pada ujicoba pra-musim. Potensi ini terlihat pula di sesi latihan bebas dan kualifikasi menjelang balapan nanti malam. Lorenzo menjadi bintang karena selalu menempati urutan kedua di tiga free practice, serta langsung menyabet pole position untuk balapan pertamanya.

Di kalangan pembalap senior, Stoner akan menjadi incaran utama lawan-lawannya. Duet Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Nicky Hayden, diperkirakan akan lebih "buas" beraksi setelah dikecewakan motor Honda-nya musim lalu.

Sang juara dunia tujuh kali, Valentino Rossi, ditantang untuk melakukan hal teknis lebih dominan setelah musim lalu lebih sering menggerutu soal performa Michelin -- hal mana yang membuatnya beralih ke Bridgestone, walaupun tiga motor Yamaha lainnya tetap menggunakan Michelin.

Tantangan tersendiri dialami beberapa pembalap yang pindah tim. Marco Melandri, misalnya, masih berjuang keras untuk beradaptasi dengan Ducati setelah meninggalkan Honda. John Hopkins pun akan mempertaruhkan suksesnya tahun lalu bersama Suzuki dengan motor hijau-nya Kawasaki.

Semua cerita yang dinantikan itu bisa dilihat pada aksi pertama mereka menjelang subuh nanti, sampai penghujung Oktober mendatang dalam balapan yang digelar sebanyak 18 kali. Jadi, selamat mengikuti.

sumber: detik.com

[MOTOGP] - MotoGP Qatar

· 0 comments

MotoGP Qatar
Start Sempurna Stoner

MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)

Hasil MotoGP Qatar
1. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 42min 36.587 secs
2. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 42min 41.910 secs
3. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (M) 42min 47.187 secs
4. Andrea Dovizioso ITA JiR Scot Team (M) 42min 49.875 secs
5. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 42min 49.892 secs
6. James Toseland GBR Yamaha Tech 3 (M) 42min 50.627 secs
7. Colin Edwards USA Yamaha Tech 3 (M) 42min 51.737 secs
8. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 43min 9.092 secs
9. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 43min 9.590 secs
10. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 43min 14.941 secs
11. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 43min 20.871 secs
12. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 43min 26.444 secs
13. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 43min 26.458 secs
14. Toni Elias SPA Alice Team (B) 43min 35.119 secs
15. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 43min 35.517 secs
16. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 43min 42.230 secs
17. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1 lap

Casey Stoner memulai usahanya mempertahankan gelar juara dengan hasil terbaik yang bisa diraih. Jagoan Ducati itu menjadi juara pada seri pembuka MotoGP 2008 di Sirkuit Losail.

Kemenangan ini jelas menjadi awal yang sangat baik buat Stoner mempertahankan gelar juara dunia miliknya. Memenangi balapan malam juga membuktikan kalau pemuda Australia itu tak cuma hebat di siang hari, ngebut di bawah sinar lampu pun dilakoni Stoner dengan sangat meyakinkan.

Menyentuh garis finish di posisi dua adalah pembalap debutan yang tergabung di tim Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo. Mantan juara dunia 250cc musim lalu itu bisa menjadi ancaman lebih serius buat Stoner sepanjang musim ini, antara lain karena dia pula pemegang pole position sebelum lomba.

Adalah Dani Pedrosa yang berhak atas podium terakhir setelah finish di posisi tiga. Meski cuma duduk di posisi tiga, Pedrosa mungkin tak akan kecewa mengingat dia sempat mengalami kecelakaan di Sepang yang membuatnya mengalami cedera cukup parah.

Nasib kurang baik dialami Valentino Rossi. Sempat memimpin balapan, juara dunia lima kali itu akhirnya harus puas duduk di posisi lima, atau satu tempat di bawah rookie lainnya, Andrea Dovizioso.

Jalannya Balapan
Memulai balapan dari posisi delapan, Pedrosa melakukan start gemilang di Sirkuit Losail, Senin (10/3/2008) WIB. Memasuki tikungan pertama, rider Spanyol itu sudah berada di posisi terdepan, menyalip tujuh pembalap di depannya.

Start cukup baik juga dilakukan Rossi yang langsung naik dua strip ke posisi lima, menyalip Stoner yang turun dua anak tangga ke urutan enam. Sementara Lorenzo merosot ke posisi empat di belakang Colin Edward dan Toseland.

Melewati lap kedua terjadi perubahan di posisi saat Toseland menyalip Edward untuk mengklaim posisi dua. Sementara Rossi yang berusaha keras menyusul rekan setimnya, Lorenzo, akhirnya berhasil naik ke posisi tiga sebelum menuntaskan putaran ketiga.

Setelah Stoner naik ke posisi empat di lap tiga, Rossi yang sudah membayangi Pedrosa akhirnya mencuri posisi terdepan di lap empat. Posisi empat besar hingga lap ini ditempati Rossi, Pedrosa, Lorenzo dan Stoner.

Memasuki lap tujuh Stoner mulai panas. Diawali dengan aksinya mengambil alih posisi tiga dari Pedrosa, di lap yang sama sang juara dunia sudah membayangi Rossi dengan ketat setelah sebelumnya gantian Lorenzo yang dia susul.

Stoner akhirnya memimpin balapan untuk kali pertama saat memasuki lap delapan. Keunggulan tenaga Ducati ternyata belum mampu diimbangi Yamaha karena Rossi kehilangan posisinya saat melintas di trek lurus start/finish jelang tikungan pertama.

Posisi The Doctor kemudian malah kembali turun setelah dibalap juniornya di Yamaha. Memasuki lap sembilan posisi terdepan diisi Stoner, Lorenzo, Rossi, Pedrosa, Davidzio, Toseland dan Edward.

Setelah sepuluh lap Stoner dan Lorenzo mulai menciptakan gap dengan pembalap di belakangnya, selisih Lorenzo dengan Rossi di posisi tiga mulai merenggang di atas satu detik.

Saat balapan tersisa delapan lap, Rossi terlempar dari posisi podium terakhir. Tempatnya di urutan tiga diambil Pedrosa. Kalau Lorenzo mampu bersaing di posisi depan, nasib debutan lainnya tak terlalu bagus, saat balapan masuk lap 17 Alex de Angelis mengalami kecelakaan yang memaksanya mengakhiri seri perdana di motogp dengan status DNF.

Sementara itu Rossi yang tertinggal jauh dari Stoner malah harus berjuang keras untuk menghadapi tekanan yang datang dari debutan lainnya, Dovizioso. Sempat beberapa kali saling susul, Rossi akhirnya harus merelakan posisi empat miliknya hilang diambil sang junior di lap terakhir.

sumber: detik.com

Pedrosa Kecewakan Lorenzo

· 0 comments

MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)
Dani Pedrosa terbilang lebih senior bagi Jorge Lorenzo, namun sikap pembalap Repsol Honda itu membuat rookie dari tim Fiat Yamaha ini kecewa berat.

Sikap yang dimaksud adalah tidak adanya niatan Pedrosa memberi selamat atas apa yang diraihnya di seri Qatar dua minggu lalu saat menjadi runner up. Bahkan saat mengisi podium, kedua pembalap terlihat tidak bertegur sapa.

Lumrahnya, tiga juara akan saling mengucapkan selamat di atas podium, atau bahkan sebelum bergerak ke panggung juara. Namun Lorenzo mengaku tidak mendapat kehangatan itu dari Pedrosa.

"Saya tak suka ia tidak memberi selamat kepada saya, meskipun kami semua mampu dan bisa mengucapkan apa yang kami ingin sampaikan," sindir Lorenzo seperti dikutip Crash.

"Jika saya jadi dia --Dani Pedrosa--, saya pasti memberi selamat kepada pendatang baru yang finis kedua," sambungnya.

Dugaan awal, Pedrosa masih menyimpan kenangan persaingan panas di kelas 125 cc dan 250 cc. Kedua bahkan sempat saling tabrak untuk berebut posisi.

Namun, tak seperti Lorenzo, Pedrosa sepertinya memilih untuk menyimpan kenangan masa lalu itu dan membawanya ke level MotoGP. Lorenzo pun menilai Pedrosa tak seharusnya bersikap seperti itu.

"Saya berusaha untuk baik kepada semua, menjadi lelaki sejati dan jika memang ada orang yang lebih baik dari saya, maka ia pantas diberi selamat. Berat memang, tapi saya akan tetap menyelamatinya," tandasnya.

Apapun itu, tambah Lorenzo, rivalitas seperti itu hanya menjadi bumbu kompetisi. Yang terpenting adalah meraih yang terbaik di setiap seri dan memburu gelar juara dunia.

sumber: detik.com

Hayden di Gantikan Dovizioso?

· 0 comments

Hayden di Gantikan Dovizioso
MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)

Andrea Dovizioso disebut-sebut sebagai kandidat terkuat rekan Dani Pedrosa musim depan.Muncul kabar posisi Nicky Hayden bakal segera tergantikan.

Ya, kontrak Hayden dengan Honda Racing (HRC) yang mendekati akhir menjadi muara munculnya isu tersebut. Selain itu, penampilan juara dunia 2006 itu juga tak lagi kompetitif.

Dovizioso malah berperforma luar biasa di balap pertamanya di seri MotoGP tahun ini. Di Qatar, rookie Honda JiR Team Scot ini mampu memenangi duel satu lawan satu dengan Valentino Rossi.

Fakta itulah yang memunculkan spekulasi yang dihembuskan media Italia bahwa tak lama lagi ia akan diikat secara resmi oleh HRC, menggantikan Hayden yang sinarnya makin redup. Apalagi JiR Team Scot masih berada dalam satu atap dengan tim Repsol, yaitu di bawah naungan Honda.

Akan tetapi manajer Dovizioso Simone Batistella menampik kabar tersebut. Menurutnya tidak ada pendekatan yang dilakukan tim lain atas diri Dovizioso untuk musim 2009.

"Kami tidak berbicara dengan siapapun tentang apapun. Semuanya masih berjalan sama seperti sebelum musim ini bergulir," ungkap Batistella seperti dilansir Autosport.

Ia menambahkan bahwa rumor tersebut merupakan bentuk konspirasi dan bertujuan untuk menjatuhkan dan merusak konsentrasi Dovizioso di musim ini.

"Kami akan tetap fokus pada setiap balapan dan memberi yang terbaik dari yang kami bisa," pungkasnya.

sumber : detik.com

Klasemen MotoGP 2008

· 0 comments

Klasemen MotoGP Musim 2008
MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)

No. Pembalap Tim Poin
1 Casey Stoner (Australia) Ducati Marlboro Team 25
2 Jorge Lorenzo (Spanyol) Fiat Yamaha 20
3 Dani Pedrosa (Spanyol) Repsol Honda Team 16
4 Andrea Dovizioso (Italia) JiR Team Scot 13
5 Valentino Rossi (Italia) Fiat Yamaha 11
6 James Toseland (Inggris) Tech3 Yamaha 10
7 Colin Edwards (Amerika) Tech3 Yamaha 9
8 Loris Capirossi (Italia) Rizla Suzuki MotoGP 8
9 Randy De Puniet (Prancis) Honda LCR 7
10 Nicky Hayden (Amerika) Repsol Honda Team 6
11 Marco Melandri (Italia) Ducati Marlboro Team 5
12 John Hopkins (Amerika) Kawasaki Racing Team 4
13 Shinya Nakano (Jepang) Honda Gresini 3
14 Toni Elias (Spanyol) Alice Team 2
15 Sylvain Guintoli (Prancis) Alice Team 1
16 Alex de Angelis (San Marino) Honda Gresini 0
17 Chris Vermeulen (Australia) Rizla Suzuki MotoGP 0
18 Anthony West (Austria) Kawasaki Racing Team 0

Kalendar MotoGP & Sirkuit MotoGP

· 0 comments

Kalendar MotoGP & Sirkuit MotoGP Musim 2008
MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)

Tanggal Seri Sirkuit
09/03/2008 GP MotoGP Qatar Losail
30/03/2008 GP MotoGP Jerez Jerez
13/04/2008 GP MotoGP Portugal Estoril
04/05/2008 GP MotoGP Cina Shanghai
18/05/2008 GP MotoGP Prancis Le Mans
01/06/2008 GP MotoGP Italia Mugello
08/06/2008 GP MotoGP Catalunya Montmello
22/06/2008 GP MotoGP Inggris Donington Park
28/06/2008 GP MotoGP Belanda Assen
13/07/2008 GP MotoGP Jerman Sachsenring
20/07/2008 GP MotoGP AS Laguna Seca
17/08/2008 GP MotoGP Republik Ceko Brno
31/08/2008 GP MotoGP San Marino Misano
14/09/2008 GP MotoGP AS Indianapolis
28/09/2008 GP MotoGP Jepang Motegi
05/10/2008 GP MotoGP Australia Phillip Island
19/10/2008 GP MotoGP Malaysia Sepang
26/10/2008 GP MotoGP Valencia Valencia

SUSUNAN PEMBALAP & TEAM MOTOGP 2008

· 0 comments

SUSUNAN PEMBALAP & TEAM MOTOGP 2008
MOTO GP INFO & MOTO GP MANIA
(http://motogp-fans-club.blogspot.com/)
susunan pembalap motogp 2008 dan team motogp 2008
Kontestan MotoGP Musim 2008

Pembalap Negara Tim Motor
Casey Stoner Australia Ducati Marlboro Team Desmosedici GP8
Jorge Lorenzo Spanyol Fiat Yamaha YZR-M1
Dani Pedrosa Spanyol Repsol Honda Team RC212V
Andrea Dovizioso Italia JiR Team Scot RC212V
Valentino Rossi Italia Fiat Yamaha YZR-M1
James Toseland Inggris Tech3 Yamaha YZR-M1
Colin Edwards Amerika Tech3 Yamaha YZR-M1
Loris Capirossi Italia Rizla Suzuki MotoGP GSV-R800
Randy De Puniet Prancis Honda LCR RC212V
Nicky Hayden Amerika Repsol Honda Team RC212V
Marco Melandri Italia Ducati Marlboro Team Desmosedici GP8
John Hopkins Amerika Kawasaki Racing Team Ninja ZX-RR
Shinya Nakano Jepang Honda Gresini RC212V
Toni Elias Spanyol Alice Team Desmosedici GP8
Sylvain Guintoli Prancis Alice Team Desmosedici GP8
Alex de Angelis San Marino Honda Gresini RC212V
Chris Vermeulen Australia Rizla Suzuki MotoGP GSV-R800
Anthony West Austria Kawasaki Racing Team Ninja ZX-RR

wuihhh cupek nulisnya nieh.....kkekekekek
sumber: dtik.com

MOTOGP

MotoGP berita motoGP infoMotoGP klasmen MotoGP, pembalap MotoGP, hasil pertandingan MotoGP, Rossi, Stoner, Pedrosa, Casey Stoner Australia Ducati Marlboro Team Desmosedici GP8
Jorge Lorenzo Spanyol Fiat Yamaha YZR-M1
Dani Pedrosa Spanyol Repsol Honda Team RC212V
Andrea Dovizioso Italia JiR Team Scot RC212V
Valentino Rossi Italia Fiat Yamaha YZR-M1
James Toseland Inggris Tech3 Yamaha YZR-M1
Colin Edwards Amerika Tech3 Yamaha YZR-M1
Loris Capirossi Italia Rizla Suzuki MotoGP GSV-R800
Randy De Puniet Prancis Honda LCR RC212V
Nicky Hayden Amerika Repsol Honda Team RC212V
Marco Melandri Italia Ducati Marlboro Team Desmosedici GP8
John Hopkins Amerika Kawasaki Racing Team Ninja ZX-RR
Shinya Nakano Jepang Honda Gresini RC212V
Toni Elias Spanyol Alice Team Desmosedici GP8
Sylvain Guintoli Prancis Alice Team Desmosedici GP8
Alex de Angelis San Marino Honda Gresini RC212V
Chris Vermeulen Australia Rizla Suzuki MotoGP GSV-R800
Anthony West Austria Kawasaki Racing Team Ninja ZX-RR

Valentino Rossi 'The Doctor'

Valentino Rossi 'The Doctor' Valentino Rossi was born in Urbino, Marche, and grew up surrounded by racing. Son of Graziano Rossi, a former motorcycle racer, he first jumped on a bike at the age of two, and his astounding career progressed in leaps and bounds. In 2003 MotoGP Rossi claimed 9 pole positions as well as 9 GP wins to win his third consecutive World Championship. The Australian GP at Phillip Island in 2003 is considered to be one of Rossi's greatest career moments due to the unique circumstances in which he claimed victory. After being given a 10-second penalty for overtaking during a yellow flag due to a crash by Ducati rider Troy Bayliss, 1st-place Rossi proceeded to pull away from the rest of the field, eventually finishing more than 15 seconds ahead; more than enough to cancel out the penalty and win the race.

Recent Comments

Berita Bola terbaru


Chat BOX MotoGP mania